Pembagian Wilayah Surabaya

Mau beli rumah di mana? Surabaya Barat atau Surabaya Timur? Mungkin hal ini pernah ditanyakan oleh agen property kepada Anda yang sedang mencari rumah. Bagi Anda yang berasal dari luar Surabaya, pertanyaan ini tentu akan membuat Anda kebingungan. Bahkan banyak warga Surabaya yang tidak terlalu paham rumahnya berada di wilayah Surabaya yang mana.

Pembagian Wilayah Surabaya

Secara formal tidak ada pembagian kota Surabaya berdasarkan wilayah. Hanya ada satu Kota Surabaya yang kemudian terbagi menjadi beberapa kecamatan dan kelurahan. Pembagian wilayah Surabaya dilakukan semata-mata untuk memudahkan dalam menentukan suatu lokasi mengingat luas kota pahlawan yang mencapai 330 km2.

Wilayah Surabaya dibagi menjadi 5 bagian, yaitu Surabaya Pusat, Surabaya Timur, Surabaya Barat, Surabaya Utara dan Surabaya Selatan.

Surabaya Pusat

Wilayah Surabaya Pusat meliputi 4 Kecamatan, yaitu Tegalsari, Simokerto, Genteng, dan Bubutan.

KecamatanKelurahan
TegalsariDr. Sutomo, Kedungdoro, Keputran, Tegalsari, Wonorejo
SimokertoKapasan, Sidodadi, Simokerto, Simolawang, Tambakrejo
GentengEmbong Kaliasin, Genteng, Kapasari, Ketabang, Peneleh
BubutanAlun-Alun Contong, Bubutan, Gundih, Jepara, Tembok Dukuh

Surabaya Pusat merupakan jantung kota Surabaya yang menjadi pusat dari kegiatan bisnis dan perdagangan di kota Pahlawan. Kawasan ini dipadati dengan berbagai gedung pencakar langit seperti Wisma BRI, Wisma Intiland, Hotel Sheraton dan Pakuwon Tower. Daerah ini juga menjadi tempat bagi berbagai kantor pemerintahan seperti Kantor Walikota Surabaya dan Kantor Gubernur Jawa Timur

Pemukiman di wilayah Surabaya Pusat sudah lama terbentuk, sehingga tidak banyak pengembang properti yang membangun perumahan di kawasan ini. Mengingat mahalnya harga tanah di Surabaya Pusat, para pengembang lebih memilih membangun apartemen ketimbang membangun perumahan. Beberapa apartemen yang dibangun di kawasan ini antara lain The Tunjungan Boulevard, The Peak Apartment, One Icon Residence, Trillium Residence dan Grand Shamaya.

Surabaya Timur

Wilayah Surabaya Timur terdiri dari 7 kecamatan meliputi Gubeng, Gunung Anyar, Sukolilo, Tambaksari, Mulyorejo, Rungkut dan Tenggilis Mejoyo.

KecamatanKelurahan
GubengAirlangga, Barata Jaya, Gubeng, Kertajaya, Mojo, Pucangsewu
Gunung AnyarGunung Anyar, Gunung Anyar Tambak, Rungkut Menanggal, Rungkut Tengah
SukoliloGebang Putih, Keputih, Klampisngasem, Medokan Semampir, Menur Pumpungan, Nginden Jangkungan, Semolowaru
TambaksariDukuh Setro, Gading, Kapas Madya, Pacar Kembang, Pacar Keling, Ploso, Rangkah, Tambaksari
MulyorejoDukuh Sutorejo, Kalijudan, Kalisari, Kejawan Putih Tambak, Manyar Sabrangan, Mulyorejo
RungkutKali Rungkut, Kedung Baruk, Medokan Ayu, Penjaringan Sari, Rungkut Kidul, Wonorejo
Tenggilis MejoyoKendangsari, Kutisari, Panjang Jiwo, Tenggilis Mejoyo

Sebagian besar wilayah di Surabaya Timur difungsikan sebagai perumahan. Ada beberapa perumahan yang cukup populer di kawasan ini, seperti Pakuwon City, Galaxy Bumi Permai, Nirwana Eksekutif, Puri Mas dan Wiguna. Dua perguruan tinggi negeri kenamaan yaitu ITS dan UNAIR juga berada di kawasan Surabaya Timur. Di area ini juga terdapat kawasan industri Rungkut.

Surabaya Barat

Wilayah Surabaya Barat meliputi 7 kecamatan, yaitu Benowo, Pakal, Asemrowo, Sukomanunggal, Tandes, Sambikerep dan Lakarsantri.

KecamatanKelurahan
BenowoKandangan, Romokalisari, Sememi, Tambak Osowilangun
PakalBabat Jerawat, Benowo, Pakal, Sumberejo
AsemrowoAsemrowo, Genting Kalianak, Tambak Sarioso
SukomanunggalPutatgede, Simomulyo, Simomulyo Baru, Sonokwijenan, Sukomanunggal, Tanjungsari
TandesBalongsari, Banjar Sugihan, Karang Poh, Manukan Kulon, Manukan Wetan, Tandes
SambikerepBringin, Made, Lontar, Sambikerep
LakarsantriBangkingan, Jeruk, Lakarsantri, Lidah Kulon, Lidah Wetan, Sumur Welut

Banyak yang mengatakan Surabaya Barat adalah tempat tinggalnya para crazy rich. Hal ini tak lain karena cukup banyak perumahan mewah yang berada di kawasan ini, sebut saja Citraland, Pakuwon Indah, dan Grand Pakuwon. Selain sebagai kawasan pemukiman, Surabaya Barat terutama yang berbatasan dengan Gresik juga menjadi kawasan industri dan perusahaan pengangkutan barang.

Surabaya Utara

Wilayah Surabaya Utara terdiri dari 5 kecamatan, yakni Bulak, Kenjeran, Semampir, Pabean Cantian dan Krembangan.

KecamatanKelurahan
BulakBulak, Kedungcowek, Kenjeran, Sukolilo Baru
KenjeranBulakbanteng, Tambakwedi, Tanah Kalikedinding, Sidotopo Wetan
SemampirAmpel, Pegirian, Sidotopo, Ujung, Wonokusumo
Pabean CantianBongkaran, Krembangan Utara, Nyamplungan, Perak Timur, Perak Utara
KrembanganDupak, Kemayoran, Krembangan Selatan, Morokrembangan, Perak Barat

Kawasan ini sering juga disebut Kota Lama atau Kota Tua Surabaya yang ada era kolonial terdelienasi menjadi kawasan Eropa, kawasan Arab dan kawasan Tionghoa. Cukup banyak bangunan cagar budaya yang berdiri di daerah ini seperti tempat kelahiran Soekarno, Viaduk Pengampon, Stasiun Semut, Gedung Internatio, Penjara Kalisosok, dan Tugu Pahlawan. Area ini berbatasan langsung dengan Teluk Lamong yang menjadi tempat bagi Pelabuhan Tanjung Perak serta Jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya dengan Pulau Madura.

Surabaya Selatan

Wilayah Surabaya Selatan meliputi 8 kecamatan, antara lain Wonokromo, Wonocolo, Wiyung, Karang Pilang, Jambangan, Gayungan, Dukuh Pakis dan Sawahan.

KecamatanKelurahan
WonokromoDarmo, Jagir, Ngagel, Ngagelrejo, Sawunggaling, Wonokromo
WonocoloBendul Merisi, Jemur Wonosari, Margorejo, Sidosermo, Siwalan Kerto
WiyungBabatan, Balasklumprik, Jajar Tunggal, Wiyung
Karang PilangKarang Pilang, Kebraon, Kedurus, Warugunung
JambanganJambangan, Karah, Kebonsari, Pagesangan
GayunganDukuh Menanggal, Gayungan, Ketintang, Menanggal
Dukuh PakisDukuh Kupang, Dukuh Pakis, Gunung Sari, Pradah Kalikendal
SawahanBanyu Urip, Kupang Krajan, Pakis, Patemon, Putat Jaya, Sawahan

Surabaya Selatan berbatasan langsung dengan Sidoarjo dan menjadi gerbang Kota Surabaya. Kawasan ini cukup padat dengan lalu lalang kendaraan dari dan ke luar kota Surabaya. Lokasinya yang dekat dengan Bandara Juanda menjadikan daerah ini sebagai kawasan komersil yang dipenuhi dengan berbagai pusat perbelanjaan dan hotel. Graha Family, salah satu perumahan elit di Surabaya berada di kawasan ini.

Pembagian Wilayah Kantor BPN Surabaya

Bagi Anda yang ingin membeli property di Surabaya, Anda perlu mengetahui bahwa di Surabaya terdapat 2 kantor Badan Pertanahan, yaitu Kantor Pertanahan Kota Surabaya I dan Kantor Pertanahan Kota Surabaya II. Pemekaran Kantor Pertanahan di Surabaya dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan efektifitas. Adanya pembagian wilayah kantor BPN ini menuntut Anda untuk lebih jeli dalam memilih jasa Notaris/PPAT pada saat melakukan transaksi jual beli property.

Kantor BPN Surabaya 1

Kantor Badan Pertanahan Surabaya 1 juga sering disebut BPN Surabaya Barat beralamat di Jl. Taman Puspa Raya No.10. Kantor BPN Surabaya 1 melayani 15 kecamatan, yaitu Krembangan, Pabean Cantikan, Tandes, Sambikerep, Benowo, Lakarsantri, Jambangan, Gayungan, Wiyung, Asemrowo, Sukomanunggal, Pakal, Dukuh Parkis, Sawahan, dan Karangpilang.

Kantor BPN Surabaya 2

Kantor Badan Pertanahan Surabaya 2 disebut juga BPN Surabaya Timur beralamat di Jl. Krembangan Barat No.57. Kantor BPN Surabaya 2 melayani 16 kecamatan, meliputi Semampir, Kenjeran, Bulak, Tambaksari, Wonokromo, Tegalsari, Genteng, Bubutan, Simokerto, Gubeng, Rungkut, Tenggilis Mejoyo, Gunung Anyar, Sukolilo, Mulyorejo dan Wonocolo.

Sudah paham kan? Semoga penjelasan mengenai pembagian wilayah Surabaya ini mampu memudahkan Anda dalam menentukan lokasi suatu tempat. Jadi Anda tidak bingung lagi ketika ingin membeli rumah di Surabaya dan agen property bertanya kepada Anda: mau beli rumah di Surabaya Barat atau Surabaya Timur?

30/06/2021 22:25